Laporan Capaian Data Mutu Nasional (INM) RS BaliMed Denpasar

Laporan Capaian Data Mutu Nasional (INM) RS BaliMed Denpasar

Mutu nasional terdiri dari 13 (tiga belas) indikator mutu yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia laporan hasilnya sebagai berikut:

1. Kepatuhan Identifikasi Pasien

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase kepatuhan petugas pelayanan melakukan proses Identifikasi Pasien pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 95,14%. Capaian tersebut belum mencapai standar yakni, 100%.

2. Kepatuhan Upaya Pencegahan Risiko Pasien Jatuh

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase kepatuhan petugas pelayanan melakukan upaya pencegahan pasien risiko jatuh pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 98,13%. Capaian tersebut belum mencapai standar yakni, 100%.

3. Kepatuhan Jam Visite Dokter

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase kepatuhan dokter melakukan visite sesuai dengan jam visite pasien yang telah ditentukan oleh Rumah Sakit pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 87,99%. Capaian tersebut telah mencapai standar yakni, ≥80%.

4.Kepatuhan Kebersihan Tangan

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase kepatuhan petugas pelayanan melakukan kebersihan tangan berdasarkan pada 5 moment hand hygiene oleh WHO pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 87,39%. Capaian tersebut telah mencapai standar yakni, ≥85%.

5. Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD)

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase kepatuhan petugas pelayanan menggunakan alat pelindung diri (APD) pada saat melakukan pelayanan pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 90,49%. Capaian tersebut belum mencapai standar yakni, 100%.

6. Waktu Tanggap Operasi Seksio Sesarea Emergensi

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase waktu tanggap operasi seksio sesarea emergency ≤30 menit pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 71,88%. Capaian tersebut belum mencapai standar yakni, ≥80%.

7. Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional Bagi RS Provider BPJS

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase kepatuhan dokter memberikan resep sesuai dengan formularium nasional pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 90,84%. Capaian tersebut telah mencapai standar yakni, ≥80%.

8. Pelaporan Hasil Kritis Laboratorium

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase lama waktu pelaporan hasil laboratorium kritis ≤30menit pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 99,06%. Capaian tersebut belum mencapai standar yakni, 100%.

9. Penundaan Operasi Elektif

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase terjadinya penundaan operasi elektif (operasi yang telah terencana) >1 jam pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 0,13%. Capaian tersebut telah mencapai standar yakni, ≤5%.

10. Waktu Tunggu Rawat Jalan

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase kepatuhan lama waktu tunggu rawat jalan poliklinik spesialis ≤60 menit pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 82,28%. Capaian tersebut telah mencapai standar yakni, ≥80%.

11. Kepatuhan Clinical Pathway

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase Profesional Pemberi Asuhan (PPA) melaksanakan proses pelayanan sesuai dengan clinical pathway pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 70,70%. Capaian tersebut belum mencapai standar yakni, ≥80%.

12. Waktu Tanggap Komplain

Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, rata-rata persentase waktu tanggap terhadap komplain pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 100%. Capaian tersebut telah mencapai standar yakni, ≥80%.

13. Kepuasan Pasien dan Keluarga

Indikator Nasional Mutu Kepuasan Pasien dilaksanakan 2 (dua) kali dalam satu tahun, yakni: Juni dan Desember. Berdasarkan pada hasil pemantauan Indikator Mutu, indeks kepuasan pasien pada Triwulan I sampai Triwulan II telah tercapai sebesar 81. Capaian tersebut telah mencapai standar yakni, 76,6.

Satu Langkah Maju untuk Hidup Lebih Sehat

Di BaliMéd Hospital, kami memahami pentingnya deteksi dini dan perawatan tepat waktu, itulah sebabnya kami menggabungkan perawatan medis kelas dunia dengan pemeriksaan kesehatan preventif untuk mendukung pola hidup sehat Anda.

Need Help? Chat with us