Penghargaan dan Sertifikasi

Akreditasi

Pada 23 November 2015, Rumah Sakit BaliMed diberi akreditasi bintang 4 utama oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit).

Apa artinya ini?

Akreditasi adalah pengakuan resmi untuk rumah sakit yang memenuhi standar pelayanan kesehatan dan harus dilakukan oleh semua rumah sakit.

Menurut Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, rumah sakit adalah lembaga perawatan kesehatan yang menyediakan layanan kesehatan pribadi skala penuh yang menyediakan layanan rawat inap, rawat jalan dan perawatan darurat.

Untuk mendapatkan perawatan kesehatan dari rumah sakit yang berkualitas, sebuah komisi khusus dibentuk untuk memberikan standar layanan yang baik untuk rumah sakit dalam bentuk akreditasi rumah sakit. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 417 / Menkes / Per / II / 2011 tentang Komisi Akreditasi Rumah Sakit, komisi khusus ini bertanggung jawab dan berfungsi untuk melaksanakan akreditasi untuk rumah sakit di Indonesia.

Berdasarkan peraturan tersebut, Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) juga merupakan lembaga independen dalam melakukan akreditasi rumah sakit yang fungsional, nonstruktural, dan bertanggung jawab kepada Menteri Kesehatan. KARS pertama kali didirikan pada tahun 1995 dan setiap tiga tahun peraturan diperbarui.

Dalam perkembangannya, standar akreditasi menjadi fokus pada pasien, dengan mengacu pada standar Joint Commission International (JCI) yang digabungkan dengan standar program Millenium Development Goals (MDGs).

Menurut tipe standar, akreditasi terdiri dari empat kelompok:
1. Layanan standar yang berfokus pada pasien.
2. Standar manajemen rumah sakit.
3. Standar keamanan pasien.
4. Standar program MDGs.

Jika rumah sakit serius tentang kualitas dan keamanan, ia mencari konfirmasi independen.

Tujuan akreditasi adalah untuk rumah sakit untuk meningkatkan kualitas layanan, melalui penerapan standar akreditasi yang berorientasi pada pasien, sehingga rumah sakit dapat mengetahui dan menerapkan standar akreditasi dan meningkatkan pemahaman praktisi rumah sakit terhadap layanan yang berfokus pada pasien. standar akreditasi.

Dan yang tidak kalah penting adalah peran pemerintah dan semua masyarakat yang peduli untuk mengawasi pelaksanaan KARS. Sehingga kesehatan bagi masyarakat tidak dilihat hanya sebagai masalah bisnis tetapi lebih kepada kesejahteraan kesehatan masyarakat.