Laboratorium Kateter

Umum

Apa itu Laboratorium Kateter?

Laboratorium Cath adalah tempat tes dan prosedur termasuk ablasi, angiogram, angioplasti dan implantasi alat pacu jantung / ICD dilakukan. Biasanya pasien akan terjaga untuk prosedur ini. Laboratorium Cath dikelola oleh tim spesialis yang berbeda, biasanya dipimpin oleh seorang ahli jantung. Laboratorium kateter tidak boleh disamakan dengan ruang operasi, di mana pasien akan menjalani operasi seperti operasi bypass jantung, di bawah anestesi umum.

Laboratorium Kateterisasi Kateter (Cath) di BaliMéd Hospital menyediakan pasien dengan perawatan canggih, termasuk:

  • Satu-satunya laboratorium katak jantung lengkap di Bali
  • Tim yang sangat terampil, tersedia 24/7
  • Waktu perawatan yang cepat untuk kesempatan yang lebih baik untuk bertahan dari serangan jantung
  • Dokter dan staf departemen darurat dengan pelatihan khusus dalam penilaian nyeri dada, EKG, dan laboratorium, untuk mendiagnosis serangan jantung dengan cepat
  • Komunikasi antara paramedis yang melakukan elektrokardiogram jarak jauh dan mengirimkan informasi ke Departemen Darurat kami sebelum pasien tiba

Layanan

Kateterisasi Jantung

Kateterisasi jantung adalah tes yang mengevaluasi keberadaan, ukuran, dan lokasi endapan plak di arteri, kekuatan otot jantung, dan fungsi katup jantung. Selama kateterisasi jantung, kateter dimasukkan ke dalam pembuluh darah, biasanya di kaki atau pergelangan tangan, dan dengan lembut diarahkan ke jantung. Kontras disuntikkan ke arteri jantung sehingga ahli jantung dapat melacak pergerakan darah melalui arteri dan bilik jantung.

Percutaneous Coronary Intervention (PCI)

Juga dikenal sebagai angioplasty, PCI dapat menjadi perawatan darurat untuk pasien serangan jantung, atau prosedur yang dijadwalkan untuk mengobati aliran darah yang tidak memadai secara kronis ke jantung. Tujuan PCI adalah membuka arteri koroner untuk memulihkan aliran darah. Seorang ahli jantung akan memilih “alat” yang paling tepat untuk memperbaiki pembuluh jantung, tergantung pada anatomi unik pasien. Satu atau semua perangkat di bawah ini dapat digunakan:

  • Implantasi Stent
    Setelah balon angioplasty atau atherectomy, stent dapat ditempatkan di arteri. Stent adalah kumparan logam kecil atau tabung mesh. Stent ditempatkan di ujung kateter, dimasukkan melalui pembuluh darah di kaki atau pergelangan tangan, dan dipandu ke jantung, di mana ia digunakan untuk menjaga arteri yang baru saja terbuka dari kolaps.
  • Atherektomi
    Ini adalah prosedur untuk membuka sumbatan yang mengeras di arteri koroner menggunakan perangkat penghancur khusus. Ini sering dilakukan saat angioplasti balon. Dalam banyak kasus, perangkat yang dapat diperbesar, yang disebut stent, dimasukkan ke dalam penyumbatan.
  • Balon Angioplasty
    Angioplasty balon meningkatkan aliran darah ke jantung. Kateter dengan balon di ujungnya dibimbing ke arteri yang tersumbat. Balon itu dipompa ke tempat penyumbatan, meregangkan dinding arteri.

Prosedur Darurat dan “Penyelamatan”: Hypothermia/Intraortic Balloon Pump

Jarang, prosedur lanjutan diperlukan untuk menyelamatkan pasien yang kondisinya benar-benar mengerikan. Kami memiliki pengalaman terpanjang di Indonesia dengan teknik-teknik ini, yang meliputi kontra-pemutusan balon intra-aorta (IABP) dan perangkat bantuan ventrikel lainnya, dan hipotermia. Dengan perangkat IABP, kami benar-benar dapat membantu tindakan memompa jantung menggunakan kateter balon berujung besar yang mengembang dan mengempis dalam waktu dengan detak jantung, menambah aliran dalam situasi kritis. Pendinginan hipotermis tersedia di sebagian kecil rumah sakit nasional: pasien yang telah menderita serangan jantung cepat didinginkan hingga sekitar 32 derajat Celcius, memungkinkan tingkat metabolisme otak untuk memperlambat, melindunginya dari kerusakan. Meskipun kami berharap tidak perlu menggunakan teknik semacam ini, mereka segera tersedia jika situasinya muncul.

Patent Foramen Ovale Closure

Salah satu kelainan kongenital yang lebih umum adalah foramen ovale paten, suatu kondisi di mana komunikasi kecil antara atrium kiri dan kanan (bilik jantung) tidak menutup normal saat lahir. Kadang-kadang, ini perlu ditutup, dan sampai saat ini ini diperlukan operasi jantung terbuka. Di Cardiac Cath Lab kami, kami dapat menutup lubang ini dengan teknik inovatif berbasis kateter, yang dilakukan serupa dengan prosedur angioplasty.

Ini bukan daftar lengkap semua prosedur diagnostik dan perawatan yang kami sediakan. Informasi ini harus digunakan sebagai pedoman kasar dan bukan untuk saran medis. Silakan berkonsultasi dengan salah satu spesialis perawatan kesehatan kami yang memenuhi syarat untuk diagnosis yang akurat sebelum memulai perawatan apa pun.