Bedah Anak

Umum

Departemen bedah anak rumah sakit BaliMéd melakukan semua prosedur bedah anak, dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Karena perawatan anak mungkin melibatkan tim ahli pediatrik dari beberapa spesialisasi bedah dan medis, kami berkoordinasi dan berintegrasi dalam fasilitas tercanggih yang dilengkapi dengan teknologi terbaru. Dokter kami dari setiap sub-spesialisasi bedah, dari jantung hingga transplantasi, bekerja erat dengan berbagai sub-spesialisasi anak di Rumah Sakit BaliMed – termasuk anestesiologi, kardiologi, onkologi anak, radiologi, patologi dan keperawatan – untuk memastikan anak Anda menerima perawatan yang luar biasa. . Di sinilah para Leader dan Best datang bersama dengan teknologi canggih dan perawatan terobosan yang mengubah kehidupan.

Kondisi yang Kami Rawat

Hernia

Hernia dapat berkembang dalam beberapa bulan pertama setelah bayi lahir. Ini terjadi karena kelemahan otot perut. Saring dan menangis tidak menyebabkan hernia. Namun peningkatan tekanan di perut dapat membuat hernia lebih mudah dilihat.

Saat bayi laki-laki tumbuh selama kehamilan, buah zakar berkembang di perut. Kemudian mereka bergerak ke dalam skrotum melalui kanalis inguinalis. Tidak lama setelah bayi lahir, kanalis inguinal menutup. Ini menghentikan testis bergerak kembali ke perut. Jika area ini tidak sepenuhnya tertutup, bagian dari usus dapat berpindah ke saluran melalui area yang melemah dari dinding perut bagian bawah. Ini menyebabkan hernia.

Dalam beberapa kasus, bagian usus yang mendorong melalui hernia mungkin menjadi macet. Itu tidak lagi dapat direduksi. Ini berarti tidak bisa dengan lembut didorong kembali ke perut. Ketika ini terjadi, bagian usus yang mungkin tidak mendapatkan cukup darah. Suplai darah yang baik diperlukan agar usus menjadi sehat dan bekerja dengan cara yang benar.

Meskipun perempuan tidak memiliki testikel, mereka memiliki kanalis inguinalis. Jadi mereka juga bisa menderita hernia di selangkangan.

Hypospadia

Hipospadia adalah kondisi di mana meatus tidak berada di ujung penis. Sebaliknya, lubang itu mungkin ada di sepanjang sisi bawah penis. The meatus (lubang) paling sering ditemukan di dekat ujung penis (“distal” posisi). Tapi itu juga dapat ditemukan dari tengah batang penis ke pangkal penis, atau bahkan di dalam skrotum (posisi “proksimal”). Lebih dari 80% anak laki-laki dengan masalah kesehatan ini memiliki hipospadia distal. Dalam 15% dari kasus-kasus tersebut, penis juga melengkung ke bawah sedikit, suatu kondisi yang disebut “chordee.” Ketika meatus membuka lebih bawah poros, kelengkungan terjadi pada lebih dari 50% pasien. Hipospadia adalah cacat lahir umum yang ditemukan pada 1 dari setiap 200 anak laki-laki.

Dalam kebanyakan kasus, hipospadia adalah satu-satunya masalah perkembangan pada bayi-bayi ini dan tidak menyiratkan ada kelemahan lain dalam sistem kemih atau organ lain.

Imperforate Anus

Anus imperforata adalah cacat lahir yang terjadi saat bayi Anda masih tumbuh di dalam rahim. Cacat ini berarti bahwa bayi Anda memiliki anus yang tidak berkembang dengan baik, dan karenanya tidak dapat mengeluarkan tinja secara normal dari rektum keluar dari tubuhnya.

Itu lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Rektum, kandung kemih, dan vagina bayi perempuan dengan anus imperforata kadang-kadang berbagi satu pembukaan besar. Pembukaan ini disebut kloaka.

Kondisi berkembang di dalam rahim selama kehamilan minggu kelima hingga ketujuh. Penyebabnya tidak diketahui. Banyak kali bayi dengan kondisi ini juga memiliki cacat lain pada rektum.

Dokter biasanya dapat mendiagnosa kondisi ini segera setelah lahir. Ini adalah kondisi yang sangat serius yang membutuhkan perawatan segera. Sebagian besar bayi akan membutuhkan operasi untuk memperbaiki defek. Pandangan berikut operasi sangat positif.

Appendicitis

Apendiks adalah organ kecil berbentuk jari yang melekat pada usus besar di sisi kanan bawah perut. Bagian dalam apendiks membentuk cul-de-sac yang biasanya terbuka ke usus besar.

Ketika usus buntu diblokir, usus buntu akan meradang dan bakteri dapat tumbuh berlebihan di dalamnya. Penyumbatan dapat disebabkan oleh tinja yang keras seperti batu (disebut fecolith), radang kelenjar getah bening di usus, atau bahkan infeksi seperti parasit.

Jika usus buntu yang terinfeksi tidak dihilangkan, itu dapat meledak dan menyebarkan bakteri. Infeksi dari usus buntu yang pecah sangat serius – dapat membentuk abses (infeksi nanah) atau menyebar ke seluruh perut (jenis infeksi ini disebut peritonitis).

Radang usus buntu kebanyakan mempengaruhi anak-anak dan remaja antara 10 dan 20 tahun, dan jarang terjadi pada bayi. Ini adalah salah satu alasan paling umum untuk operasi perut darurat pada anak-anak. Radang usus buntu tidak menular.

Megacolon

Usus besar adalah bagian terendah dari saluran pencernaan Anda. Ini termasuk usus buntu Anda, usus besar, dan rektum. Usus besar melengkapi proses pencernaan dengan menyerap air dan membuang limbah (tinja) ke anus.

Kondisi-kondisi tertentu dapat menyebabkan usus besar mengalami malfungsi. Salah satu kondisi tersebut adalah megacolon beracun atau megarectum. Megacolon adalah istilah umum yang berarti dilatasi abnormal pada usus besar. Megakolon beracun adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan keseriusan kondisi.

Megacolon beracun jarang terjadi. Ini adalah pelebaran usus besar yang berkembang dalam beberapa hari dan dapat mengancam jiwa. Ini bisa menjadi komplikasi penyakit radang usus (seperti penyakit Crohn).